Selasa, 18 Oktober 2011

Differential

Differential atau yang lebih dikenal dalam bahasa sehari-hari dengan nama “Gardan” adalah salah satu bagian dari pemindah daya setelah kopling, transmisi, propeller shaft dan poros penggerak.

Gambar 1. Penampang Differential

Bila kendaraan sedang membelok maka roda belakang sebagai roda-roda penggerak (front engine rear drive) atau roda-roda depan (front engine front drive) mempunyai putaran yang berbeda antara roda kiri dan roda kanan. Karena bila mempunyai putaran yang sama akan memunkinkan poros akan patah atau jalannya kendaraan tidak baik disebabkan salah satu ban terseret (ban kiri dan kanan mempunyai sudut putar yang berbeda).

Begitu juga bila kendaraan berjalan pada kondisi jalan yang tidak rata, sehingga gaya geseknya tidak sama maka putaran ban akan mengalami perbedaan. Dengan adanya differential maka kendaraan akan tetap stabil pada saat membelok atau keadaaan jalan yang bagaimanapun. Selain menyeimbankan /mengatur putaran kedua roda saat membelok, differential juga berfungsi untuk menghasilkan momen putar yang lebih besar dan merubah arah putaran poros penggerak (propeller shaft) ke roda dengan sudut 90 derajat.

Gambar 2. Komponen-komponen differential

A. Final Gear

Final gear yaitu perkaitan gigi-gigi penggerak (drive pinion gear/pinion gear) dengan gigi yang digerakkan (ring gear). Dimana final gear berfungsi untuk:

  1. Memperbesar momen
  2. Merubah arah putaran

Momen yang dihasilkan oleh transmisi tidak cukup untuk dapat menggerakkan kendaraan pada saat tertentu oleh karena itu final gear membantu menambah momen sehingga momen yang keluar dari roda-roda penggerak akan lebih besar lagi. Apabila fina gear dibuat tidak berfungsi untuk menambah momen maka diperlukan transmisi dengan bentuk gigi-gigi yang besar untuk mendapatkan momen yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Hal ini mengakibatkan bentuk transmisi menjadi besar dan bagian-bagiannya harus kuat.

Berdasarkan konstruksinya final gear dapat di bedakan yakni;

Gambar 3. Spiral bevel gear,

1. Spiral bevel gear

    Konstruksi jenis ini adalah spiral dimana penempatan pinion gear dengan ring gear terletak satu garis sumbu. Konstruksi ini hanya digunakan pada mobil truk.
    Kerugian:
    - Suara tidak halus
    - Gaya pada gigi besar ( Konstruksi Berat )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar